Minggu, 18 September 2016

4 Cara Latihan Renang Gaya Bebas (Meluncur, Gerakan Kaki, Tangan, Pernafasan)

Sahabat Teknikolahraga.com | Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara latihan yang baik untuk meningkatkan kemampuan renang gaya bebas. Beb... thumbnail 1 summary
Sahabat Teknikolahraga.com | Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara latihan yang baik untuk meningkatkan kemampuan renang gaya bebas. Beberapa latihan yang harus dilakukan saat melakukan renang gaya bebas memang perlu dilakukan karena hal ini akan meningkatkan kemampuan dalam renang gaya bebas Anda. Renang gaya bebas bukan berarti berenang sebebas mungkin ada aturan yang harus dilakukan dan ada teknik tersendiri untuk melakukannya.

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

Untuk berenang diperlukan penguasaan teknik dasar. Misalnya, meluncur, menggerakkan lengan dan tungkai, serta pengambilan napas. Ciri khas gaya bebas adalah seluruh anggota badan berada dalam satu garis lurus. Gerakan kedua lengan berada pada permukaan air. Gaya ini merupakan gaya tercepat dalam renang.

Berikut ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk latihan dalam renang gaya bebas diantaranya adalah :

Latihan Meluncur dalam Renang Gaya Bebas

Latihan melumcur saat melakukan renang gaya bebas merupakan latihan tahap yang paling awal karena ketika akan melakukan renang dengan menggunakan gaya bebas tahapan ini merupakan tahapan yang sangat penting dilakukan oleh perenang tersebut.
  1. Berdirilah di tepi kolam dengan sikap membelakangi dinding kolam, salah satu kaki menempel pada dinding untuk melakukan tolakan.
  2. Kedua lengan lurus ke atas di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
  3. Tolakkan kaki yang menempel pada dinding kolam sampai tubuh terdorong ke depan
  4. Saat tubuh sedang meluncur, biarkan sampai tubuh berhenti melaju
ke-4 cara diatas harus diulangi beberapa kali agar Anda mampu melakukan teknik meluncur untuk melakukan renang dengan gaya bebas.

Latihan Gerakan Kaki Melakukan Renang Gaya Bebas

Latihan berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan gerakan kaki saat akan melakukan renang gaya bebas. Gerakan kaki ini penting sekali karena dalam renang gaya bebas kaki merupakan tolakan untuk melakukan laju tubuh. Ada 5 hal penting dalam melakukan gerakan kaki saat renang gaya bebas diantaranya adalah :
  1. Punggung telapak kaki ditegangkan dan lurus ke belakang.
  2. Gerakan pukulan diawali dari pangkal paha, kemudian tungkai bawah dan diakhiri dengan gerkan lucutan pengelangan kaki.
  3. Usahakan agar lutut dan pergelangan kaki tetap rileks sehingga menambah kefektifan pkulan pada air
  4. Gerakan kai pada ke atas tidak boleh melibiihi permukaan air
  5. Gerakan ki dilakukan dengan dua kali pukulan kaki dan dua kali pukulan tangan.
Akan lebih baik Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan renang gaya bebas karena dengan pemanasan diharapkan tidak akan terjadi kejang pada kaki.

Latihan Gerakan Tangan Renang Gaya Bebas

Latihan berikutnya untuk melakukan renang gaya bebas adalah bagaimana cara melakukan gerakan tangan yang baik agar renang yang dilakukan oleh Anda akan menghasilkan gaya renang bebas yang luar biasa. Beberapa latihan yang harus dilakukan untuk melakukan gaya renang ini ada dua cara pertama yaitu latihan ditempat dan yang kedua adalah latihan pada saat meluncur. Baiklah ketika Anda akan melakukan latihan ditempat dalam renang gaya bebas ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
  1. Berdiri dengan badan dibungkukkan dan kedua tangan lurus.
  2. Kemudian tangan kanan ditarik ke bawah sambil menekan air sampai berada di bawah badan.
  3. Pada waktu tangan sampai di bawah badan, siku cepat dibengkokkan dan tangan diangkat.
  4. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.
  5. Lakukan secara berulang-ulang.
Anda harus melakukan gerakan tangan ini secara berulang-ulang untuk memperoleh hasil yang maksimal, dan saya kira apabila Anda sudah terbiasa dengan melakukan latihan gerakan tangan maka tidaklah sulit ketika akan melakukan hal yang sama di waktu berikutnya.

Apabila latihan yang akan dilakukan ketika Anda meluncur maka ada 3 hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah
  1. Kedua tangan dilemparkan ke depan secara bergantian kemudian tangan mendayung.
  2. Pada waktu tangan mendayung, tubuh sedikit miring.
  3. Agar tubuh dapat melaju lurus ke depan, tangan masuk ke kolam pada satu detik.
Baik latihan ditempat maupun latihan pada saat meluncur tentunya harus dilakukan secara rutin guna menghasilkan teknik renang gaya bebas yang maksimal.

Latihan Teknik Pernafasan Renang Gaya Bebas

Teknik latihan yang terakhir yang perlu dilakukan oleh Anda jika akan melakukan atau menguasai renang gaya bebas adalah bagaimana cara mengatur nafas. Pengaturan nafas yang benar ketika melakukan renang gaya bebas akan mempengaruhi keberhasilan renang yang Anda lakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih pernafasan saat melakukan renang gaya bebas adalah :
a. Salah satu lengan lurus ke depan sejajar dengan permukaan air.
  1. Jika tangan kiri yang di depan muka mengambil napasnya dengan memutar kepala pada sumbunya ke kanan.
  2. Jika tangan kanan yang di depan maka pengambilan napasnya memutar kepala pada sumbunya ke kiri.
  3. Pengambilan napas biasanya dilakukan saat melakukan gerakan tangan kanan saja atau kiri saja, atau perbandingannya dua kali menarik tangan dan sekali mengambil napas.

Bagaimana cara melakukan renang gaya bebas?

Melakukan renang gaya bebas ada aturannya dan berikut akan saya uraikan serta jelaskan bagaimana cara melakukan teknik renang gaya bebas

  1. Pada hitungan pertama ayunkan kaki kebawah,kaki kiri kayuh tangan kanan pada saat tangan kiri masuk ke air.Mulai putar bahu kanan ke atas hembuskan nafas secara erlahan-lahan.
  2. Pada hitungan kedua ayun kaki ke bawah,kaki kaki kanan selesaikan kayuhan,tangan kanan putar bahu kanan ke luar permukaan air dan hembuskan nafas secara perlahan
  3. Hitungan ke tiga ayun kaki ke bawah,kaki kiri pulihkan tangan tangan kanan,sikut terangkat tinggi,melewati tabung imajinasi,putar kepala dan bahu ke posisi tertelungkup dan hembuskan nafas secara perlahan.
  4. Hitungan ke empat ayun kaki ke bawah,kaki kanan kayuh dengan tangan kiri pada saat tangan memasuki air,putar kepala dan bahu ke arah kiri dan hembuskan nafas kuat-kuat.
  5. Hitungan ke lima ayun kaki ke bawah,kaki kiri,selesaikan kayuhan,tangan kiri,putar bahu kiri keluar dari permukaan air dan hirup nafas pada sisi sebelah kiri.
  6. Hitungan ke enam ayun kaki ke bawah,kaki kanan pulihkan tangan kiri,sikut terangkat tinggi,melewati atas tabung imajinasi,putar kepala dan bahu ke posisi tertelungkup.
Baca Juga :
Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

1 komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus