Kamis, 29 Oktober 2015

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas  merupakan aktivitas menggerakan badan ketika berada di dalam air. Umumnya kegiatan berenang di lakukan tan... thumbnail 1 summary
Teknik Dasar Renang Gaya Bebas  merupakan aktivitas menggerakan badan ketika berada di dalam air. Umumnya kegiatan berenang di lakukan tanpa menggunakan peralatan atau perlengkapan tambahan. Berenang juga bisa di manfaatkan sebagai salah satu cabang olahraga yang menyehatkan tubuh dan sebagai sarana rekreasi untuk dapat menyegarkan kembali fikiran.
Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk di lakukan dan dapat menghilangkan penat dan stress. Oleh karena itu, dengan sekian banyaknya gaya berenang yang ada, teknik berenang dengan gaya bebas adalah salah satu hal dasar yang wajib di kuasai.
Gaya tersebut sebenarnya sangat mudah untuk di terapkan, akan tetapi tidak sedikit dari sebagian orang yang mengungkapkan bahwa gaya bebas adalah teknik berenang yang cukup sulit untuk di terapkan apabila di bandingkan dengan gaya berenang yang lainnya. Jika di bandingkn dengan teknik gaya berenang yang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat membuat posisi tubuh melaju lebih cepat menuju ke dalam air.
Gaya bebas juga merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik – teknik dasar tertentu. Gaya bebas bisa di lakukan dengan menggunakan berbagai macam gerakan dalam berenang yang dapat membuat seorang perenang, oleh karena itulah gaya bebas bisa membuat perenang melaju lebih cepat ke dalam air.
Hal tersebutlah yang mengakibatkan gaya bebas bisa di terapkan oleh beberapa perenang, baik yang masih menjadi pemula atau pun yang sudah terlatih. Teknik dasar berenang dengan menggunakan gaya bebas sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dapat di pelajari, namun membutuhkan keharmonisan antara gerakan tangan dan kaki secara bergantian.
A. Teknik Dasar Renang Gaya Bebas
Latihan ini kita mulai dengan renang gaya bebas.
1. Teknik gerakan kaki
Cara melakukan teknik gerakan kaki adalah sebagai berikut: Teknik ini dilakukan dengan cara kedua tangan berpegangan pada besi dipinggir kolam. Kedua kaki lurus kebelakang dan digerakkan turun naik secara bergantian dengan sumber gerakan dari pangkal paha.
2. Teknik gerakan tangan
Cara melakukan teknik gerakan tangan adalah sebagai berikut: Kedua kaki dibuka lebar dan berdiri di kolam yang dangkal. Bungkukkan badan bersamaan kedua tangan lurus kedepan. Gerakan satu tangan kedalam air kearah pusar dengan siku dibengkokkan. Kemudian, tangan kebelakang hingga lurus di samping paha.
Setelah itu, tangan diangkat keatas hingga siku-siku membentuk sudut 90 derajat. Tangan dijatuhkan kedalam air dengan ibu jari masuk dulu sejajar tangan yang didepannya, dilakukan dengan tangan bergatian secara terus-menerus.
3. Taknik pengambilan napas
Teknik pengambilan napas adalah sebagai berikut: Berdiri menghadap kedinding kolam dan kedua tangan berpegangan pada besi di tepi kolam. Teknik kedua lutut direndahkan hingga kepala masuk kedalam air. Putar leher kekanan kiri dan lakukan secara bergantian. Hirup udara sebanyak-banyaknya dan saat mulut di air buang napas dari mulut hingga habis.
4. Teknik gerakan renang gaya bebas
Pelaksanaan teknik gerakan renang gaya bebas adalah sebagai berikut: Posisi tubuh streamline, yaitu sejajar dengan permukaan air dan posisi kepala normal. Kaki digerakan naik-turun secara bergantian (menggunting air) dengan sumber gerakan pangkal paha. Gerakan tangan berputar kedepan dengan gerakan menarik dan mendorong dalam air. Saat leher keluar kepermukaan air, hirup udara dari mulut dan saat kepala didalam, keluarkan napas dari mulut.

Tidak ada komentar

Posting Komentar