Senin, 12 Oktober 2015

Teknik Keterampilan Bermain Bolavoli

Teknik keterampilan bolavoli adalah cara memainkan bola secara efisien dan efektif sesuai pemainan yang berlaku untuk mencapai hasil yang op... thumbnail 1 summary
Teknik keterampilan bolavoli adalah cara memainkan bola secara efisien dan efektif sesuai pemainan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal. Teknik bermain bolavoli selalu berdasar teori dan hukum-hukum yang sudah teruji dalam ilmu pengetahuan yang menunjang pelaksanaan teknik tersebut. Misalnya, Biomekanik, Anatomi, Fisiologi, Kinesiologo, dan Ilmi-ilmu penunjang lainannya.
Untuk dapat melaksanakan seluruh keterampilan dasar bermain bolavoli, minimal pemain memiliki enam keterampilan teknik, yaitu; (a) Sikap penjagaan dan cara gerak kearah bola, (b) Pas dan umpan, (c) Spike, (d) Bendungan, (e) Servis, (f) Penyelamatan bola.

a. Sikap Penjagaan dan Cara bergerak Kearah Bola
keterampilan pemain untuk bergerak kesegala arah secara cepat dan tepat. sangat dibutuhkan dalam bermain bolavoli, karena permainan berlangsung dalam lapangan kecil, bola selalu bergerak cepat dan kadangkala sulit ditebak arahnya, dan bola yang dimanikan harus dipantulkan. Keterampilan bergerak ke arah bola dapat dimiliki jika para pemain telah mampu untuk; (1) mengatur sikap/posisi badan sebelum dan selama bergerak mendekati bola, (2) bereaksi secara cepat, (3) memprediksi dan mengadaptasi arah dan kecepatan bola, dan (4) melakukan gerakan secepat mungkin.

b. Pas dan Umpan
Pas dan umpan adalah dua istilah yang digunakan untuk label pada dua cara memainkan bola. Pas adalah cara memainkan bola pertama setelah bola berada dalam permainan akibat dari serangan lawan, seperti servis lawan atau permainan net (cover spike dan cover blok). arah bola ditunjukan kepada pengumpan atau bisa langsung kepada spiker. Umpan adalah cara memainkan bola baik yang datang langsung dari lawan maupun dari teman seregu untuk diberikan kepada spaiker agar dilakukan spike atau smesh kebidang lapangan lawan. Teknik pas dan umpan adalah hampir sama, yaitu dapat menggunakan teknik pasing bawah atau pasing atas.

c. Spike
Spike merupakan salah satu teknik serangan yang paling efektif selama permainan. Bola dipukul di atas depan dekat net yang mengakibatkan  boal jatuh menukik tajam ke bidang lapangan lawan, sehingga lawan sulit mengembalikannya, bahkan sering langsung mematikan. Spike merupakan salah satu teknik serangan yang mempunyai rangkaian gerak yang kompleks, yaitu; (1) langkah persiapan atau awalan, (2) tolakan atau lompatan (3) memukul bola saat melayang diudara, dan (4) mendarat.

d. Bendungan atau Blok
keterampilan ini sering dilakukan dalam usaha menghadang bola hasil pukulan lawan di atas net. Keterampilan ini sangat penting dimiliki setiap pemain, karena dalam permainan bolavoli moderen, kecepatan dan arah bola hasil pukulan sudah terlalu sulit untuk dapat diprediksi oleh pemain bertahan. Keterampilan ini jika dilakukan dengan baik akan merupakan taktik pertahanan dan sekaligus merupakan seranagan balik yang paling efektif da efisien.

e. Servis
Servis adalah pukulan pertama untuk mengawali permainan. Servis dilakukan dari daerah servis masuk ke bidang lapangan lawan melewati atas net. Dalam perkembangan bolavoli moderen, servis adalah serangan pertama untuk memperoleh angka. Pada dasarnya servis dilakukan dari mulai yang sangat sederhana hingga yang paling kompleks, dan dapat menyulitkan atau mematikan permainan lawan.

f. Teknik menyelamatka bola
Dalam situasi permainan tidak selamanya bola datang tepat, melambung, dekat, atau mudah dimainkan. Namun kadang kala bola datang secara cepat dan tidak terduga. Kondisi demikian, agar bola tetap dalam permainan, maka para para pemain dituntuk untuk memiliki keterampilan memainkan bola sambil bergerak, melompat, berguling atau rol, meluncur atau diving, dan sebagainya. Tujuan utama dalam memainkan ini adalah semata-mata hanya untuk menyelamatkan bola agar tetap dalam permaina. Cara atau teknik memainkan bola untuk mengatasi situasi demikian adalah dengan menggunakan pasing bawah satu tangan.

Demikian artikel ini dibuat mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menambah infosmasi tentang bolavoli...

Tidak ada komentar

Posting Komentar