Senin, 12 Oktober 2015

Teknik Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh salah satu pemain dengan tujuan untuk mengawali permainan. Servis dilakukan di daerah ... thumbnail 1 summary


Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh salah satu pemain dengan tujuan untuk mengawali permainan. Servis dilakukan di daerah servis ke bidang lapangan lawan melewati net. Pada awalnya servis hanya merupakan penyajian bola pertama untuk mengwali permainan. Dalam perkembangan bolavoli modern servis sering dijadikan salah satu teknik penyerangan untuk mendapatkan poin tambah, sehingga pemain lawan akan sulit sekali untuk bisa mengendalikan bola atau memainkan bola dengan baik. Berikut ini akan saya paparkan beberapa cara melakukan berbagai macam servis yang dilakukan para pemain bolavoli.

Bagaimana cara Melakukan Teknis Servis Bawah?

Melakukan Servis ini adalah servis yang paling sederhana, dan sering dilakukan oleh para pemain pemula karena teknik servis bawah ini lebih mudah dari teknik servis atas. Ciri-ciri dari servis bawah ini adalah pada saat bola sudah dipukul bola akan melambung, sehingga bagi pemain yang sudah memiliki keterampilan yang baik dalam permainan bolavoli, bola seperti ini akan mudah sekali untuk dikuasai atau diumpan dengan baik tanpa kesulitan. Dibawah ini ada langkah-langkah untuk melakukan servis bawah diantaranya:

Berikut 3 Teknis Servis Bawah dalam permainan Vola Voli
  1. Sikap permulaan. Berdiri didaerah servis menghadap menghadap ke lapang lawan, lalu posisi kaki kiri berada didepan tetapi untuk pemian yang kidal tidak di anjurkan kaki kiri yang didepan tetapi kaki kana yang di depan sehingga pada saat memukul bola kaki dan tangan posisinya bersiangan. Bola dipegang ditangan kiri, pada saat mau melakukan pukulan posisi tangan bisa dalam keadaan mengepal atau terbuka. Untuk mendapatkan kekuatan tambahan pada saat melakukan pukulan servis posisi kaki sedikit ditekuk. Dan titik berat badan berada ditengah. Yang perlu diperhatikan pada sikap servis adalah posisi tidak boleh menginjak atau melewati garis len/garis lapangan karena akan jadi pelanggaran dan poin di dapat oleh lawan dan servis akan di serahkan ke pihak lawan.
  2. Pelaksanaan. Pada saat melakukan  servis bola terlebih dahulu dilambungkan dipundak kanan kurang lebih setinggi 30 cm atau kurang lebih setinggi bahu. Pada saat bersamaan posisi ditarik kebelakang untuk menambah kekuatan ayunan pada saat memukul. Lalu tangan segera diayunkan ke depan kea rah bola dan mengenai bagian bawah bola. Pada saat tangan mengayun posisi latut juga sedikit diangkat dengan tujuan untuk menambah kekuatan ayunan tangan. Pada saat perkenaan posisi tangan di tegangkan dan posisi menyentuh bola adalah telapak tangan apabila posisi tangannya terbuka atau mengenai kepalan tangan bagian dalam apabila posisi tangan mengepal.
  3. Gerak lanjutan. Setelah bola dipukul, segera pindahkn berat badan kedepan dengan cara melangkahkan kaki kanan kedepan, dn segera memasuki lapangan permainan dan siap untuk memainkan bola berikutnya.
Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan pada saat melakukan servis adalah ketepatan, ketenangan dan kekuatan tangan. Yang dimaksud ketepan dalam melakukan servis bawah adalah ketepan pada saat melambungkan bola dan posisi ayunan tangan  haruslah tepat atau bersamaan. Ketenangan dalam melakukan servis bawah adalah pada saat melakukan servis harus lah tenang tidak boleh tergesa-gesa atau buru karena pada saat melambungkan bola posisi bola harus sesuai kebutuhan kita jangan sampai lambungan bola terlalu menyamping atau terlalu depan sehingga bola akan sulit di untuk dikuasai pada saat memukul. Dan selanjutnya adalah kekuatan, kekuatan yang dimaksud dalam melakukan servis bawah adalah posisi ayunan tangan haruslah menggunakan kekuatan yang maksimal akan tetapi jangan lah terlalu berlebihan karena bola yang dipukul malah akan keluar lapangan lawan, dan mengakibatkan angka untuk pihak lawan. Dari ketiga poin tersebut bukanlah penghalang seseorang untuk malakukan servis bawah apabila orang tersebut terus berlatih dengan sungguh-sungguh.

Demikian artikel ini mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sedikit memberi informasi, Terimakasih….  

Tidak ada komentar

Posting Komentar