Senin, 26 Oktober 2015

Teknik keterampilan Menjadi Penjaga gawang Dalam Sepak Bola

Seperti yang kita tahu dalam sepak bola ada beberapa posisi yang harus ditempati diantaranya penjaga gawang, pemain Belakang (defender), ... thumbnail 1 summary

Seperti yang kita tahu dalam sepak bola ada beberapa posisi yang harus ditempati diantaranya penjaga gawang, pemain Belakang (defender), pemain tengah (midfilder), pemain depan (striker). Kali ini saya akan membahas tetang empat keterampilan menjadi seorang penjaga gawang dalam permainan sepak bola. Seperti yang kita tahu penjaga gawang adalah pemain yang paling penting dalam team sepak bola. Karena seorang penjaga gawang merupakan pertahanan yang terakhir untuk menyelamatkan gawang. Oleh karena itu, seorang pemain harus memiliki beberapa teknik dasar keterampilan yang berbeda dari pemain lainnya.
Jika ingin menjadi seorang penjaga gawang harus menguasai hal-hal sebagai berikut:
  • Seorang penjaga gawang harus mampu menangkap dan mengeblok semua tembakan yang diarahkan ke gawang.
  • Seorang penjaga gawang kadang-kadang harus terjun untuk menyelamatkan tembakan dari segala arah.
  • Seorang penjaga gawanag harus menghadang lawan pada breakaway.
  • Dan seorang penjaga gawang harus bertanggug jawab untuk memulai serangan dengan membagikan bola secara akurat.
Apa saja keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang penjaga diperlukab ang yang untuk menjaga gawang:
  1. Posisi berdiri atau sering disebut posisi siap.
  2. Metode untuk menerima bola rendah, sedang, setinggi dada dan bola tinggi.
  3. Metode terjun
  4. Metode membagikan bola dengan menggulikan, melempar, menendang atau menyepak.
Agara lebih jelas ikutilah beberapa pelajaran untuk melatih teknik menjadi seoarang penjaga gawang.
1. Posisi berdiri seoarang penjaga gawang
Jika lawang yang menguasai bola berada di jarak tembak. Maka lakukan posisi siap. Dengan posisi siap, seorang penjaga gawang dapat bergerak cepat kesegala arah. Posisi
  • Kaki dilebarkan selebar bahu
  • Jaga agar kepala dan badan tetap tegak
  • Tekukan lututnya sedikit
  • Pusatkan berat badan mu ke depan ada bantalan telapak kaki
  • Dengan demikian, tumit diangkat sedikit terangkat dari permukaan tanah.
  • Tempatkan posisi bokong dan pingulmu seolah-olah sedang duduk.
Itulah teknik posisi tubuh yang baik untuk menjadi seorang penjaga gawang.
2. Menerima bola dipermukaan lapangan
Kebanyakan penyelamatan yang dilakukan seorang penjaga gawang melibatkan bola yang menggelinding diatas permukaan lapangan. Ada tiga cara yang yang dapat kamu gunakan untuk menjadi seoarang penjaga gawang tergantung sipat dar tendangan itu sendiri.
• Bola yang menggelinding kearah penjaga gawang.
Untuk menerima bola ini seorang penjaga gawang bisa menggunakan teknik Standing Save. Standing Save adalah teknik menyelamatkan bola dengan berdiri. Yaitu posisi tubuhnya adalah sebgai berikut. Ketika bola datang badan dibungkukan dengan pandangan mengikuti arah bola dan apabila bola sudah dekat ulurkan kedua tangan dan mengambil posisi bola dan kembali dalam posisi berdari.
• Tembakan rendah yang langsung kearah penjaga gawang.
Untuk menerima teknik tendangan yang rendah dan kuat seoarang penjaga gawang bisa menggunakan teknik Forward Vault. Urutan teknik ini adalah ketika bola datang kaki kiri langkahkan satu langkah kedepan dan posisi tangan terbuka seolah-olah menunggu bola datang. Dan ketika bola datang badan dijatuhkan kedepan , kemudian kepit bola diantara dada dan lengan bawah. Posisi kaki lurus kebelakang.
• Bola yang menggelinding kearah samping penjaga gawang.
Untuk menerima bola yang mengarah kesamping seorang penjaga gawang bisa menggunakan teknik Tweener. Ketika posisi siap penjaga gawang sebelum melangkah terlebih dahulu harus membca arah bola agar pas melangkah tidak terjadi mati langkah. Apabila arah bola sudah tepat contohnya arah bola kea rah kiri maka badan condongkan kea rah kiri sehingga kaki kanan berada posisi lurus. Ketika bola datang menggelinding biarkan bola menggelinding hingga ke pergelangan tangan dan lengan bawah sebelum kamu kepit ke dada.

 Demikian artikel ini dibuat, teknik menjadi penjaga gawang yang lainnya akan dibuat di artikel selanjutnya….Terima kasih….

Tidak ada komentar

Posting Komentar