Minggu, 28 Agustus 2016

TIPS Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Berkualitas

Bagaimana TIPS Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Berkualitas? Teknikolahraga.com Olahraga Badminton/Bulu Tangkis memang olahraga yang p... thumbnail 1 summary
Bagaimana TIPS Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Berkualitas? Teknikolahraga.com Olahraga Badminton/Bulu Tangkis memang olahraga yang populer di Indonesia beberapa pemain yang pernah membawa nama baik Indonesia menjadi terkenal dengan meraih beberapa piala emas yang menjadi kebanggaan untuk Bangsa. Untuk menjadi pemain yang hebat sebenarnya tidak semudah membalikan telapak tangan perlu latihan yang padat dan tentunya ada satu rahasia kesuksesan para pemain bulu tangkis / badminton ini.



Selain teknik latihan yang diperlukan alat utama yang digunakan dalam olahraga inipun menjadi salah satu hal yang mampu mengantarkan para pemain badminton ke kancah dunia. Untuk itu perlu Anda ketahui bagaimana seh raket Badminton yang bagus tersebut? Apakah harus yang bermerk? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana tips jitu memilih raket badminton/bulu tangkis yang bagus. Jadi sebelum Anda membeli raket bulu tangkis / badminton tentunya harus memperhatikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda dalam mencari raket badminton yang berkualias.

Inilah Tips Memilih Raket Badminton yang Benar dan Berkualitas


Untuk memilih raket badminton / bulu tangkis Anda harus melihat beberapa ketentuan berikut ini :
  1. Pilihan Raket Sesuai Gaya Permainan Anda

    Sebelum bermain Badminton/Bulu Tangkis tentunya Anda akan menentukan apakah Tipe permainan yang akan dipakai oleh Anda ketika akan bertanding. Tipepermainan dalam Bulu Tangkis/Badminton ada 3 jenis yaitu Tipe Permainan Menyerang, Tipe Permainan Bertahan, Tipe Permainan Kombinasi (Menyerang dan Bertahan).

    Memilih Raket untuk tipe Pemain Menyerang
    TIpe raket untuk pemain penyerang tentunya digunakan untuk smash, jika anda seorang pemain bulu tangkis yang memiliki gaya menyerang, sebaiknya anda memilih raket badminton yang tidak terlalu fleksibel dan mampu menyalurkan kekuatan pukulan anda, sehingga menghasilkan pukulan smash yang maksimal. Maka  pilihlah raket yang berbobot jenis 3U  – 2U, misalnya saja seperti raket Yonex Arcsaber 11 Taufik Hidayat.

    Memilih Raket untuk tipe Pemain Bertahan
    Jika Anda memiliki strategi untuk bertahan dalam pertandingan Badminton maka jenis raket ini layak untuk digunakan agar permaian Badminton Anda maksimal. Jika anda terbiasa dengan gaya bermain bertahan atau mengandalkan reli dan cenderung mengontrol permainan, sebaiknya pilih raket badminton dengan bobot yang tidak terlalu berat, pilihan terbaik adalah raket badminton jenis 4U – 3U dengan titik keseimbangan dari ujung grip 270 – 285 cm. Dengan spesifikasi raket ini anda akan memiliki akurasi dan respon yang lebih cepat dalam menahan serangan lawan. Sebagai contohnya adalah Yonex VOLTRIC 80 Peter Gade.

    Memilih Raket untuk Tipe Pemain Penyerang dan Bertahan
    Untuk anda yang memiliki gaya permainan seimbang perpaduan antara bertahan dan menyerang, raket jenis 3U merupakan pilihan terbaik bagi anda. Raket badminton jenis ini memiliki tingkat fleksibilitas sedang. Misalnya saja seperti raket Yonex Carbonex 21, atau Carbonex 8000N

  2. Tips Memilih Berdasarkan Spesifikasi Raket Badminton/Bulu Tangkis

    Sebelum membeli raket tentunya Anda akan meneliti dan ingin mengetahui bagaimana model raket atau jenis raket Badminton yang bagus tersebut? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pembeli raket diantaranya adalah harus memperhatikan beberapa hal tentang raket yang akan Anda pilih seperti, berat, titik keseimbangan, kelenturan/ kekakuan, bahan, frame, diameter pegangan dan mungkin juga merk raket.

    Berapa Berat Raket Badminton/Bulu Tangkis itu?

    Raket Badminton umumnya dibagi dalam beberapa ukuran berat yang ditandai dengan kode ‘U’, dimana semakin tinggi nilai ‘U’, maka semakin ringan raket tersebut, sebaliknya semakin rendah nilai ‘U’ raket akan semakin berat. Adapun 5 jenis ‘U’ pada berat raket badminton yaitu :
    U   =  95-99 gram
    2U =  90-94 gram
    3U =  85-89 gram
    4U =  80-84 gram
    5U =  75-79 gram
    Raket yang memiliki ukuran berat atau raket power lebih tepat digunakan bagi mereka yang mempunyai pergelangan tangan yang kuat. Raket jenis ini akan menambah momentum yang lebih saat anda mengayunkannya, sehingga akan menambah power khususnya saat digunakan untuk melakukan smash.
    Masalah yang timbul kemudian adalah raket yang berat sulit untuk dikontrol. Jika tidak sabar dan tenang, serta tidak mampu mengontrol power dalam memukul, maka kemungkinan bola out akan sering terjadi. Ditambah lagi kesulitan dalam mengenggam raket yang lumayan berat.
    Raket yang memiliki ukuran ringan lebih baik dalam mengkontrol bola, namun sulit untuk mendapatkan power. Anda harus bekerja ekstra keras untuk menciptakan momentum yang besar untuk menambah power.

    Mengetahui Titik Keseimbangan pada Raket Badminton

    Untuk melihat titik keseimbangan raket yang hendak dibeli adalah dengan cara menghadapkan jari telunjuk ke atas dan taruh batang raket di atas tangan anda. Geser batang raket sedikit demi sedikit sampai anda menemukan raket dalam keadaan seimbang. Jika jari telunjuk anda lebih dekat dengan frame / kepala raket maka ini adalah raket jenis power, namun jika jari telunjuk Anda lebih dekat dengan pegangan raket, maka ini adalah raket jenis control.

    Memilih Raket dengan Melihat Kelenturan Batang Raket Badminton

    Untuk mengetahui lentur atau kaku batang raket yang akan dibeli caranya adalah dengan memegang kepala raket dan pegangan raket, cobalah membengkokkannya dengan perlahan-lahan dan hati-hati saat anda sedang memilihnya. Selain itu Anda juga bisa melakukan twist atau puntiran. Hal ini dilakukan untuk menguji akurasi placing shutllecock, tentunya harus hati-hati dan penuh perasaan.

    Beberapa hal dari raket badminton dengan batang fleksibel :
    1. Memberikan Pantulan yang bagus saat diayunkan.
    2. Raket tipe ini cocok bagi pemain yang mempunyai tipe stroke atau bertahan.
    3. Raket ini sangat baik dalam mengantisipasi smash keras dari lawan.
    4. Cocok untuk para pemula yang baru belajar bulu tangkis karena tidak membutuhkan banyak tenaga.
    5. Kurangnya kecepatan dalam mengembalian bola.
    Sedangkan raket dengan batang kaku :
    1. Pantulan yang kurang saat di ayunkan
    2. Raket ini paling bagus untuk melakukan serangan cepat,
    3. Kelemahan dari raket ini adalah anda membutuhkan ayunan yang kuat atau aksi yang cepat dari pergelangan tangan

    Memilih Raket dengan Menentukan Bentuk Frame

    Sebelum memilih raket Badminton perhatikan dulu framenya. Frame atau kepala raket badminton memiliki 2 tipe frame yaitu tipe frame Konvensional (Berbentuk oval) dan tipe  frame isometric (Berbentuk mendekati persegi).  Frame Isometric memiliki spot-spot pukulan yang baik di bantalan senar yang lebih luas. Dengan semikian, akan ada banyak kesempatan bagi pemain untuk menciptakan pukulan yang cantik dan unik. Sedangkan frame konvensional memiliki spot atau titik untuk melakukan pukulan yang baik lebih sedikit dari pada yang ada pada frame isometric.

    Memilih Raket dengan Menentukan Bahan Raket

    Pilihlah raket dengan bahan dasar yang berkualitas seperti carbon-fiber yang mempunyai karakter aerodinamik dan ringan, tetapi kuat dan tidak mudah berkarat. Raket ini sangat nyaman digunakan dan lebih tahan lama, sehingga bisa digunakan selama beberapa tahun tanpa kerusakan yang berarti.

    Memilih Raket dengan Menentukan Diameter Gagang Raket (Handgrip)

    Pilihlah raket yang mempunyai diameter gagang (pegangan) yang sesuai dengan ukuran tangan Anda. Pertimbangkan juga jika Anda ingin menambahkan handgrip, karena pegangan akan bertambah besar. Dengan posisi pegangan yang mantap dan nyaman, maka anda bisa bermain bulu tangkis dengan lebih maksimal.

    Memilih Raket dengan Menentukan Merk Raket Badminton

    Ada banyak jenis dan merk raket badminton di pasaran, tentunya dengan harga yang berbeda-beda dari mulai harga murah sampai dengan harga tertinggi. Untuk masalah merek sebenarnya sih tergantung selera masing-masing, namun yang paling banyak disarankan oleh orang-orang yang berpengalaman dalam bulu tangkis adalah merek Yonex, Apacs, Astec, Pro-Ace, dan Gosen. Jika Anda membelinya melalui situs online maka pastikan sudah mengetahui jenis dan spesifikasi raket tersebut yang sesuai dengan gaya permainan Anda. Perlu diingat bahwa semakin bagus kualitas raket tentu harganya semakin mahal, maka sesuaikan dengan kantong Anda dan berhati-hatilah dalam memilih raket yang original terutama pada merk-merk yang sudah terkenal

    Baca :
    Teknik Olahraga Bulu Tangkis / Badminton Lengkap

Jenis-Jenis Raket (Merk Raket) Badminton/Bulu Tangkis

Jenis raket yang beredar di pasaran banyak sekali ragam dan merknya dari mulai merk lokal sampai dengan raket badminton dengan merk terkenal. Jenis raket memiliki karakteristik masing-masing, tergantung dari ketegangan string, berat raket, fleksibilitas, keseimbangan dan ukuran genggaman tangan. Raket yang berbeda juga cocok untuk gaya bermain tertentu. Untuk menambah kekuatan smash, mungkin lebih tepat raket yang lebih kaku. Jika ingin kemahiran, mungkin lebih cocok raket ringan yang memungkinkan untuk membuat pemutaran pergelangan tangan cepat di depan net.

Bagi Anda pemula sepertinya tidak mudah memang memilih raket badminton yang cocok dan nyaman bagi setiap pemain, namun bagi pemula alangkah lebih baik jika membeli yang tidak terlalu mahal, baru kemudian setelah mahir menggunakan raket dengan harga yang lebih mahal. Karena sebenarnya kualitas raket membantu potensi setiap pemain, namun tidak dapat menggantikan kemampuan dan waktu latihan.
Setiap raket memiliki atribut khusus yang bekerja terbaik berdasarkan gaya bermain masing-masing pemain, pengalaman, kekuatan dan keseimbangan. Kebanyakan raket saat ini diproduksi menggunakan serat karbon atau grafit. Berkat kemajuan teknologi, raket terbaru saat ini tersedia dengan pilihan titanium, kevlar atau nanocarbon

Berikut kumpulan Merk Raket

  1. Merk Yonex
    Yonex didirikan oleh Minoru Yoneyama pada tahun 1957. Awalnya Minoru Yoneyama memproduksi raket badminton untuk merk lain. Baru pada tahun 1961 ia memproduksi raket badminton dengan merk sendiri yaitu Yoneyama.
    Yonex merupakan produsen terkemuka dan inovator peralatan bulutangkis di seluruh dunia. Yonex digadang sebagai sponsor utama dari perhelatan bergengi All England Badminton Championship dan juga mitra utama dari Badminton World Federation (BWF). Federasi Bulutangkis Dunia bertanggung jawab pada keberhasilan pelaksanaan kejuaraan dunia. Sekitar 80% dari pemain yang bersaing di dunia menggunakan raket Yonex.

    Sebagai pemimpin pasar dalam raket terbaik, Yonex telah menciptakan klasifikasi untuk berat raket mereka dengan 2U, 3U dan 4U dimana semua raket tersebut menunjukkan berat tertentu. 2U raket yang paling berat yang memungkinkan kecepatan smash bertenaga, 4U raket ringan, yang berarti dapat menghasilkan kecepatan yang baik tetapi tidak terasa berat. Kisaran 3U adalah salah satu yang paling populer.

    Yonex memproduksi enam seri raket yang berbeda diantaranya: Yonex Carbonex, Yonex Muscle Power, Yonex Voltric, Yonex Arcsaber, Yonex nanoray, Yonex Nanospeed. Selengkapnya mengenai keenam seri rakeet tersebut dapat dicek dilink ini: http://www.khelmart.com/Compare_price/Badminton-Rackets-Comparison.aspx
    Brand Ambassador untuk Yonex saat ini adalah Lee Chong Wei, dan Lin Dan, Jorgensen, Saina Nehwal, Carolina Marine juga sebelumnya Taufik Hidayat. Beberapa raket bulutangkis premium Yonex diantaranya; Yonex Voltric Z-Force II, Nanoray Z-Speed, Arcsaber Flash Boost and the Voltric 70 E-Tune.
  2. Merk Raket Lin Ning
    Lin Ning merupakan raket badminton asal China yang didirikan oleh mantan atlet senam yang pernah mengharumkan negaranya di pentas dunia berama Li Ning. Didirikan pada tahun 1990 di kota Beijing, saat ini Li Ning menjadi salah satu raksasa produsen peralatan badminton dan cabang olahraga lainnya. Li Ning menjadi pemasok resmi perlengkapan badminton bagi Tim Nasional dan para pemain badminton China.
    Seiring dengan prestasi para atlet badminton asal China seperti Chen Long, dan banyak lainnya ikut meningkatkan pamor raket Li Ning di pasar dunia. Raket badminton produksi Li Ning ini memiliki rangkaian tipe dan harga yang berbeda-beda mulai dari kelas pemula sampai level papan atas dunia. Untuk level pemain profesional, raket Li Ning memiliki beberapa seri signature pemain terbaik seperti Lin Dan.
  3. Merk Raket Victor
    Bagi sebagain kita mungkin tidak begitu mengenal merek raket bernama Victor, namun jangan salah merek raket ini telah menjadikan pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sebagai brand ambassadornya. Seiring dengan prestasi mereka yang berulang kali menjuara berbagai ajang bergengsi seperti All England Dan Kejuaraan Dunia, semakin populer pula raket Victor sebagai salah satu raket terbaik yang bisa jadi pilihan para pemain top dunia maupun masyarakat awam.
    Tim Bulutangkis Korea Selatan pun menggunakan raket Victor sebagai Senjata andalan mereka. Raket bulutangkis Victor dikenal memiliki karakteristik agresif. Sehingga raket merek ini digunakan oleh para Pemain bulutangkis dengan tipe Menyerang. Raket ini pun diproduksi bukan semata untuk pemain profesional namun juga bagi pemula ataupun masayarat umum
  4. Merk Raket Ashaway
    Ashaway adalah merek bulutangkis yang inovatif asal inggris, memproduksi raket premium dan mendorong batas-batas dalam teknologi raket. Ashaway telah meluncurkan seri baru mereka raket Superlight untuk manuver dan akurasi yang lebih baik.
    The X-Treme teknologi frame memungkinkan ketegangan string yang lebih tinggi. Raket yang paling populer dari Ashaway diantaranya; Ashaway Viper XT 1000, Ashaway Superlight 6 Hex dan Ashaway Superlight 99 SQ.
  5. Merk Raket Yahlex
    Yehlex adalah merek bulutangkis yang terbilang sangat populer, memproduksi raket kelas atas dengan harga yang sangat kompetitif! Teknologi raket yang membuat nya dan mengayun sangat ringan dan memungkinkan pertahanan yang lebih baik. Kualitas yang sangat baik dengan harga murah tentusaja banyak menarik perhatian pecinta bulutangkis. Mereka juga memproduksi raket latihan yang ideal untuk meningkatkan kekuatan smash! Yehlex adalah pilihan yang fantastis bagi pemula untuk pemain bulu tangkis dengan kemahiran tingkat menangah.
  6. Merk Raket Carlton
    Didirikan tahun 1964 Carlton merupakan salah Satu produsen raket bulutangkis dan shuttlecock ternama di dunia. Carlton Sports sendiri adalah anak perusahaan dari Dunlop Slazenger Internasional yang berlokasi di kota Greenville, Carolina Selatan, Yang kini dimiliki dinamakan Sports Direct. Sebagian Penelitian dan Pengembangan raket dilakukan di Kantor Pusat Carlton di kota Camberley, Inggris.
    Sepanjang sejarahnya perusahaan ini banyak inovasi yang dilakukan dalam memproduksi peralatan bulutangkis, diantaranya menjadi yang pertama merancang dan membuat raket yang seluruhnya berbahan logam, serta menjadi merk pertama yang membuat raket stainless steel, dan sebagai produsen pertama yang membuat raket one-piece
  7. Merk Raket Adidas
    Hemm, Perusahaan besar dengan bermerk Adidas sudah tidak asing lagi, Siapa yang tak kenal dengan merek olahraga adidas, seiring perkembangan dunia bulutangkis, adidas nampaknya ikut latah memproduksi raket badminton dengan kualitas super. Raket bulutangkis adalah salah satu jenis raket berkualitas dengan harga dibanderol mahal untuk para pemain tingkat lanjut atau profesional. Dua seri terpopuler adalah adiPower bertujuan untuk meningkatkan kekuatan sementara raket adiZero memberikan pertahanan yang lebih baik dan memungkinkan bertahan di permainan tengah lapangan
  8. Merk Raket Wilson
    Raket bulutangkis Wilson diproduksi untuk memenuhi semua tingkat pemain dan bermain dengan gaya yang berbeda. Seri BLX Wilson akan menarik bagi pemain yang lebih berpengalaman sedangkan Comp Micro dan Zone range akan menarik bagi pemula dan pemain mid-range.
    Beberapa raket bulutangkis Wilson paling populer meliputi; Wilson BLX Vertex, Wilson Klub Hybrid dan Wilson Comp Micro C83.
  9. Merk Raket Babolat
    Jenis Merk raket lainnya adalah Babolat, Babolat yang berasal dari Perancis ini awalnya memproduksi senar raket sejak tahun 1875. Kemudian Babolat yang didirikan oleh Pierre Babolat di kota Lyon mulai memproduksi raket pada tahun 1994. Dan semenjak itu, Babolat termasuk salah satu produsen raket populer di dunia baik untuk raket tenis maupun raket badminton.
    Kualitas raket asal Eropa dikenal sangat baik kualitasnya, maka tak heran raket badminton Babolat dipakai para pemain badminton profesional asal negara-negara Eropas seperti Perancis, Denmark, Rusia dan Jerman. Atlet-atlet badminton Eropa yang menjadi ambassador diantaranya Joachim Fischer Nielsen, dan juga dipergunakan oleh Valeriy Atrashchenkov, Michael Lahnsteiner, Juliane Schenk, Tine Baun dan Emilie Lennartsson
  10. Merk Raket Apacs
    Apacs berdiri sejak tahun 2002 asal negeri jiran Malaysia. Produsen raket badminton, squash, tenis dan tenis meja ini memiliki semboyan Aggressive, Power, Accurate, Control dan Speed. Apacs telah berhasil meluaskan pemasaran produknya ke berbagai negara diseluruh dunia
    Dalam memproduksi raket badminton, Apacs terkenal dengan mengaplikasikan teknologi yang digunakan oleh merk raket ternama namun dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak raket yang dibuatnya memiliki desain, bahan, seperti raket produksi Yonex. Salah satu raket badminton Apacs yang paling terkenal adalah Ti-10 yang merupakan replika raket badminton produksi Yonex, Ti-10
10 Merk Raket tersebut tentunya merupakan produksi dari berbagai perusahaan produsen raket, mungkin salat satu dari ke-10 merk raket tersebut pernah Anda gunakan dan tentunya Anda akan merasakan sendiri perbedaan dari berbagai jenis / merk raket. Harga merk raket tersebut akan  berbeda-beda dari mulai ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah untuk 1 raket Badminton / Bulu Tangkis.

Dengan Anda mengetahui tips memilih raket Badminton / Bulu Tangkis ini Anda akan bisa menentukan mana jenis dan merk raket yang sesuai dengan kondisi serta tipe Anda.

Demikian Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar