Selasa, 13 Oktober 2015

Langkah Menjadi Pemain Sepak Bola Hebat

Permainan Sepak Bola gb. Sumber : Kompasiana Dalam permainan sepak bola terdapat langkah menjadi pemain sebak bola yang hebat diantara... thumbnail 1 summary
Permainan Sepak Bola gb. Sumber : Kompasiana
Dalam permainan sepak bola terdapat langkah menjadi pemain sebak bola yang hebat diantaranya materi yang akan disampaikan ini, sebelum memberitahukan langkah menjadi pemain sepak bola hebat saya akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu tentang sepak bola. Seluruh anggota tubuh dapat dipakai untuk bermain sepak bola terkecuali tangan. Disi saya akan menjelaskan salahsatu anggota tubuh yang dapat digunakn dalam permainan sepak bola yaitu menggunakan kepala. Kepala digunakan dalam sepak bola yaitu untuk menyundul bola atau menyundul bola. Keterampilan ini disebut juga dengan heding. Dalam permainan sepak bola ada dua jenis heading yang perlu diketahui, yaitu jump header dan dive header.

Berikut pembahasan Jump Header dan Dive Header

Jump Header

Jump header adalah melaoncat keatas untuk menanduk bola. Tujuan pemain melakukan jump header yaitu untuk mengoper bola ke teman satu team, mencetak gol kearah gawang lawan, dan membung bola yang mengarah kegawang sendiri. Bagai manakah cara melakukan jump header  itu sendiri? Mari kita bahas.
Pada saat bergerak turun, arahkan tubuhmu menghadap bola. Kemudian jagalah agar tubuhmu tetap lurus. Gunakan lompatan kedua kaki untuk meloncat lurus ke atas. Pada saat melayang diudara, lengkungkan tubuh ke Belakang. Tariklah dagumu ke arah dada. Jagalah posisi leher agar tetep kuat dan pusatkan perhatian pada bola. Kemudian sentakkan badanmu ke depan dan kontak lah bola dengan kening. Apabila teknik jump header digunakan untuk mencetak gol, arahkan bola kearah gawang . jika jika teknik jump header digunakan untuk mengoper bola maka arahkan bola ke kaki temanmu. Dan apabila teknik jump header digunakan untuk membuang bola yang mengarah ke gawang maka arahkan bola ke atas gawang atau arahkan ke samping ke ruangan kosong. Namun yang harus diingat pada saat melakukan heding adalah tidak boleh menutup mata dan membuka mulut. Mengapa? Hal ini dapat menimbulkan cedera yang diakibatkan karena akan mengakibatkan lidah tergigit.

Dive Header

Dive header adalah terjun kebawah untuk menyundul bola. Keterampilan ini hanya dapat digunakan dalam situasi tertentu saja. Misalnya, pada saat mencetak gol yang spektakuler seperti halny yang dilakukan van persi pada saat belanda melawan spanyol. Namun perlu diingat bahwa teknik Dive header jangan dilakukan didaerah padat pemain karena berbahaya besarkemungkinan yaitu pemain lain dapat menendang bola wajah atau kepala tanpa sengaja. Cara melakukan teknik Dive header ini saya akan coba menjelaskan cara melakukannya.
Pada saat menggunakan Dive header untuk mengarahkan bola yang bergerak sejajar ke permukaan dengan ketinggian sepinggang atau lebih rendah lagi. Jika mungkin, luruskan bahumu dengan bola yang datang dan posisi tubuh sedikit menunduk. Perkirakan kecepatan bola, antisipasi kedatangannya, dan terjunlah sejajar dengan permukaan lapangan untuk menjemput bola. Condongkan kepala ke Belakang saat bola saat menyentuh kening. Seperti halnya Jump header, Dive header juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan heding adalah tidak boleh menutup mata dan membuka mulut. Mengapa? Hal ini dapat menimbulkan cedera yang diakibatkan karena akan mengakibatkan lidah tergigit.



Tidak ada komentar

Posting Komentar