Senin, 22 Agustus 2016

Inilah Teknik, Aturan, dan Sejarah Permainan Sepak Bola Lengkap

Bagaimana teknik sepak bola yang harus dilakukan oleh seorang pemain sepak bola? Pada kesempatan kali ini teknikolahraga.com akan membaas ba... thumbnail 1 summary
Bagaimana teknik sepak bola yang harus dilakukan oleh seorang pemain sepak bola? Pada kesempatan kali ini teknikolahraga.com akan membaas bagaimana cara melakukan permainan dari mulai teknik, aturan, ukuran lapang, sejarah serta pengertian sepak bola secara lengkap.

Pengertian Sepak Bola

Apa seh sepak bola itu?
Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.



Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diizinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan. Dari sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk dua tim yang bermain imbang.[5] Meskipun demikian, pemenang sebuah pertandingan sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu atas skandal dan tindakan kriminal yang terbukti di kemudian hari. Sebuah laga sepak bola dapat dimenangkan secara otomatis oleh sebuah tim dengan 3-0 apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan (Walk Out).

Baca:
7 Teknik Meningkatkan Kecepatan Lari dalam Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan dengan tujuan mencetak gol sebanyaknya ke gawang lawan masing-masing.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola ternyata telah dimulai sejak, abad 2 SM di daerah Tiongkok dan berbagai daerah lainnya. Dari masa ke masa sepak bola mengalami evolusi, hingga saat ini menjadi olahraga terpopuler di dunia.

Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola terhitung luas dengan panjang sekitar 90-120m dan lebar 45-90m. Lihat gambar dan ukuran lapangan sepak bola lengkap.

Tenik Dasar Sepak Bola
Teknik dasar sepak bola harus dikuasai agar memiliki permainan yang baik, berikut teknik-teknik dasar permainan sepak bola.
  1. Menendang (kicking),
  2. Menghentikan atau Mengontrol (controlling),
  3. Menggiring (dribbling),
  4. Menyundul (heading),
  5. Merampas (tackling),
  6. Lemparan Kedalam (throw – in)
  7. Menjaga Gawang (Goal Keeping

Untuk melakukan penyetaraan permainan sepak bola secara global FIFA sebagai badan tertinggi sepak bola dunia membuat peraturan resmi sepak bola. Peraturan ini terbagi atas 17 poin dan telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Baca di Peraturan Permainan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola

Berikut peraturan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA dan telah di terjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Lapangan Sepak Bola

Menurut peraturan permainan sepak bola FIFA, permainan sepak bola harusnya dilakukan di lapangan resmi yang memiliki panjang antara 100 hingga 130 yard / sekitar 90 – 120 Meter. Sedangkan Lebar lapangan antara 50 hingga 100 yard / 45 – 90 meter. Ukuran lapangan sepak bola ini telah disesuaikan dengan jumlah pemain yaitu 11 orang setiap tim, dan permainan sepak bola dilakukan oleh 2 tim.

Peraturan Penggunaan Bola

Bola merupakan hal penting dalam dunia sepak bola, dalam peraturan resmi ukuran keliling bola tidak boleh lebih dari 28 inci/70 sentimeter dan tidak boleh kurang dari 27 inci/sekitar 68 cm. Ada jenis 5 jenis bola dengan karakteristiknya, yaitu :

Bola ukuran 5
Biasanya digunakan oleh pemain-pemain sepak bola yang berusia 12 tahun atau di atasnya dengan ukuran keliling 68-70 cm dan berat 14-16 oz (410-450 gram).

Bola ukuran 4
Biasanya digunakan oleh pemain dengan usia 8 – 12 tahun dengan lingkaran bola antara 25 -26 ins (64-66 cm) dan berat 12-13 oz (340-468 gram)

Bola ukuran 3
Biasanya digunakan oleh pemain dengan usia dibawah 8 tahun dengan ukuran lingkaran bola antara 23-24 inci ( 58-61 cm) dengan berat 11-12 oz (312-340 gram).

Bola ukuran 2 : digunakan untuk pertandingan promosi
Bola ukuran 1 : digunakan untuk pertandingan promosi

Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola dilakukan oleh 2 tim dengan setiap tim memainkan 11 pemain di lapangan, dari 11 pemain tersebut salah satunya adalah penjaga gawang. Sebagai catatan penting, jika pemain dalam satu tim kurang dari 7 pemain, maka pertandingan sepak bola tidak bisa dimulai. Dalam sebuah pertandingan setiap tim dapat melakukan pergantian pemain, pergantian pemain untuk pertandingan resmi FIFA hanya dibatasi 3 kali pergantian. Pada pertandingan nasional pergantian dapat dilakukan sebanyak 7 kali dan bisa lebih untuk pertandingan persahabatan.

Peraturan Penggunaan Aksesoris

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, para pemain biasanya menggunakan atribut meskipun tidak sebanyak olahraga jenis lain. Atribut yang dikenakan oleh pemain diantaranya :

Jersey

Jersey merupakan pakaian yang dibuat dari bahan sintetik yang bisa menyerap keringat pemain, hal inilah yang membedakan jersey dengan kaos biasa. Setiap tim harus mempunyai identitas timnya sendiri, hal inilah yang membuat sebuah klub sepak bola memiliki beberapa jersey dalam satu musim, hal ini untuk mencegah penggunaan jersey yang sama dengan tim lain. Ada peraturan lain mengenai penggunaan warna antar kedua tim yang tidak boleh sama, hal ini memudahkan para pemain untuk membedakan mana teman dan mana yang musuh.

Kaus kaki

Kaus kaki juga merupakan aksesoris yang biasa dikenakan para pemain, selain untuk mencegah cidera kaus kaki juga sebagai tempat menggunakan pelindung tulang kering di kaki / shinguards. Dalam pertandingan sepak bola resmi, warna kaus kaki dalam satu tim harus sama

Sarung tangan

Pemain yang diizinkan untuk menggunakan sarung tangan hanyalah penjaga gawang / kiper, namun ada pengecualian ketika permainan sepak bola dilakukan ditempat yang dingin / bersalju. Sarung tangan / glove dikembangkan sedemikian rupa agar memudahkan dan melindungi tangan dari hantaman bola yang begitu keras.

Tutup Kepala

Aksesoris ini boleh digunakan bagi yang sedang mengalami cedera / pernah mengalami cedera pada kepala. Contohnya adalah peter cech dari chealsea.

Aksesoris yang tidak boleh dipakai

Dalam suatu permainan sepak bola, ada beberapa aksesoris yang tidak boleh digunakan, diantaranya: Anting, gelang, kalung.

Wasit

Pertandingan sepak bola harus dipimpin oleh wasit. Wasit merupakan pengadil dilapangan, orang yang memegang penuh jalannya pertandingan, tugas wasit meliputi:

  1. Mengendalikan pertandingan dengan bantuan asisten wasit.
  2. Memastikan bahwa bola yang digunakan sesuai dengan aturan No. 2 dan memastikan pemain memenuhi aturan 4.
  3. Bertugas sebagai pangatur waktu dan mencatat segala pertandingan.
  4. Menghentikan, menunda atau mengakhiri pertandingan, atas kebijakannya untuk setiap pelanggaran terhadap peraturan sepak bola.
  5. Menghentikan, menunda atau mengakhiri pertandingan karena gangguan dari pihak luar.
  6. Menghentikan pertandingan jika ada pemain yang mengalami cedera parah dan perlu dibawa keluar lapangan. Pemain yang keluar lapangan karen cedera harus mendapat izin dari wasit jika ingin masuk kembali.

Asisten Wasit


Pertandingan sepak bola juga harus dibantu oleh 2 asisten wasit, istilah asisten wasit kadang disebut hakim garis. Tugas dari asisten wasit adalah membawa bendera untuk menandakan terjadinya offside, bola keluar dan terjadinya tendangan sudut.

Durasi Permainan Sepak Bola


Permainan sepak bola dilakukan 2 babak, setiap babak 45 menit, jeda antara kedua babak tidak lebih dari 15 menit. Penambahan durasi permainan dapat terjadi jika ada pemain yang mengalami cedera atau pergantian pemain.



Lama Pertandingan sepk bola secara normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.

Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir). Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas (golden gol) atau gol perak (silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. Dalam sistem gol emas, tim yang pertama kali mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang. Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB


7 Organisasi Sepak Bola Dunia

Sampai saat ini ada 7 organisasi sepak bola Internasional dan tentunya sebagian Anda sudah mengetahuinya apalagi yang sering menonton piala dunia sepak bola yang biasa berlangsung atau diadakan 1 tahun sekali. dan Berikut adalah 7 organisasi sepak bola dunia
  1. FIFA (Dunia)
  2. UEFA (Eropa)
  3. CONMEBOL (Amerika Latin)
  4. CONCACAF (Amerika Utara)
  5. AFC (Asia)
  6. CAF (Afrika)
  7. OFC (Oseania)

Terjadinya Kick Off

Kick off dapat dilakukan dalam kondisi berikut:

Memulai pertandingan.
Terjadinya gol.
Memulai babak kedua.
Memulai babak perpanjangan waktu.

Bola Keluar


Bola keluar/out terjadi ketika bola melewati garis gawang atau garis lapangan. Bola out juga terjadi karena pertandingan yang dihentikan oleh wasit dengan alasan tertentu misalnya ada yang cedera.

Tercipta Gol


Gol dalam pertandingan sepak bola terjadi ketika bola masuk ke dalam jaring dengan tidak dalam posisi offside, hands ball, atau pelanggaran. Gol bisa terjadi dengan beberapa cara diantaranya tendangan bebas, penalti, hingga gol bunuh diri. Semua gol sah apabila wasit menyatakan gol tersebut sah.

Offside


Offside terjadi jika jika pemain berada di area lawan dimana ketika bola menuju dirinya tidak tidak ada bek lagi dan hanya berhadapan dengan kiper. Offside ditentukan dengan bendera yang diangkat oleh asisten wasit. Kejadian offside terkadang membuat permainan sepak bola menjadi kontroversi karena kadang wasit bisa salah menentukan terjadinya offside. Pemain tidak dikenakan offside jika ketika bola yang diumpankan oleh temannya pada saat dia masih berada di posisi dikawal pemain belakang lawan.

Terjadinya Pelanggaran


Pelanggaran terjadi karena banyak hal diantaranya tackle yang keras, hands ball ,dll. Pelanggaran dapat menghasilkan 2 tipe kartu yaitu kartu merah dan kartu kuning. Pemain yang mendapatkan kartu merah berarti harus meninggalkan lapangan, sedangkan bagi yang mendapat kartu kuning itu merupakan peringatan keras, apabila mendapat 2 kartu kuning maka secara otomatis pemain juga mendapatkan kartu merah yang artinya juga harus meninggalkan lapangan. Dalam sebuah liga perolehan kartu kuning akan diakumulasikan dan jika akumulasi kartu kuning 3 kali dalam kompetisi yang sama maka pemain tidak bisa dimainkan satu kali pertandingan dalam kompetisi tersebut.

Baca:
Teknik Latihan Menyundul dalam Sepak Bola

Terjadinya Tendangan Bebas


Dalam peraturan permainan sepak bola, tendangan bebas dapat dilakukan di area tempat terjadinya pelanggaran tersebut. Tendangan bebas dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Tendangan bebas secara langsung adalah tendangan yang langsung mengarah ke gawang, sedangkan tendangan tidak langsung berada tendangan tersebut dioperkan ke timnya terlebih dahulu.

Terjadinya Penalti


Penalti terjadi karena adanya pelanggaran yang dilakukan terhadap tim lawan dalam kotak terlarang. Pelanggaran tersebut bisa terjadi karena hands ball atau menjatuhkan lawan dengan sengaja. Posisi penalti adalah satu kiper di depan garis gawang, satu orang penendang dengan bola yang ditempatkan pada posisi lingkaran tendangan penalti dan pemain lain harus berada di luar kotak terlarang dan berada di belakang bola.

Lemparan kedalam (throw in)


Lemparan kedalam terjadi akibat bola meninggalkan lapangan, saya sudah pernah menuliskan bagaimana melakukan lemparan yang baik dan benar. Lemparan dilakukan oleh tim lawan, misalnya anda yang mengeluarkan bola maka tim lawan yang berhak melakukan lemparan. Lemparan kedalam lawan bisa dianulir oleh wasit apabila melempar bola dengan cara yang salah dan membuang cukup banyak waktu.

Tendangan Gawang

Peraturan sepak bola mengharuskan wasit memutuskan tendangan gawang jika bola meninggalkan lapangan melalui garis gawang dan tidak masuk ke jaring, bola yang keluar juga harus dari tendangan atau sundulan tim lawan.

Tendangan Sudut

Tendangan sudut merupakan tendangan yang dilakukan di sudut lapangan karena bola keluar dari lapangan melewati garis gawang dengan ketentuan tim anda yang terakhir menyentuh bola tersebut. Apabila bola keluar kearah kanan gawang, maka tendangan sudut dilakukan di sudut lapangan sebelah kanan. Kalau bola keluar ke arah kiri gawang, maka tendangan sudut dilakukan disudut kiri gawang.


Teknik dasar dalam permainan sepak bola merupakan hal wajib yang harus benar-benar dikuasai oleh para pemain sepak bola. Cara menguasai teknik-teknik sepak bola ini adalah dengan latihan yang tekun dan rutin sehingga mampu menguasai sepenuhnya setiap teknik dasar dari permainan ini. Sikap konsisten dan pantang menyerah ikut menjadi andil besar untuk menentukan keberhasilan kita untuk menguasai teknik permainan sepak bola. Berikut ini teknik dasar permainan sepak bola yang wajib Anda ketahui.

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah

  1. Menendang (kicking),
  2. Menghentikan atau Mengontrol (controlling),
  3. Menggiring (dribbling),
  4. Menyundul (heading),
  5. Merampas (tackling),
  6. Lemparan Kedalam (throw – in)
  7. Menjaga Gawang (Goal Keeping)

Berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik-teknik dasar permainan sepak bola.

Menendang (kicking)

Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing) dan menembak kearah gawang (shootig).

Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

Untuk lakukan sepakan yang baik, anda mesti lakukan koordinasi pada semua anggota badan anda. Di bawah ini merupakan tehnik menendang yang benar dengan koordinasi dari semua anggota tubuh.

Posisi Kepala
Yang disebut dengan posisi kepala yakni saat sebelum menendang bola futsal lovers sebaiknya merekam keadaan lapangan, di mana posisi rekan serta lawan ada, supaya futsal lovers bisa memastikan kearah mana bola bakal ditendang. Sesudah terekam semuanya, kepala lalu menghadap ke bola serta mata mengkoordinasikan sisi dari bola mana yang bakal ditendang.
 
Posisi Kaki
Bila posisi kaki ada di segi depan bola, jadi bola bakal jalan lurus serta mendatar di tanah. Bila posisi kaki ada disisi samping bola jadi tidaklah terlalu kencang larinya. Sedang bila posisi ada di segi belakang bola, jadi akhirnya bola bakal melambung tinggi.
Sisi dari bola yang bakal ditendang
Dalam menendang sisi mana bola yang bakal ditendang bakal punya pengaruh pada jalannya bola. Bila menendang segi kiri bola, jadi bola bakal bergerak melengkung ke kanan. Bila menendang pas dibagian tengah bola, jadi bola bakal bergerak lurus ke depan. Bila menendang dari segi kanan bola, jadi bola bakal bergerak menlengkung ke kiri. Sedang bila menendang pas di atas bola, besar kemungkinan bola akan tidak bergerak kemana-mana. Apabila anda menendang pas dibagian bawah bola jadi bola terangkat dan melambung ke depan.

Kemampuan Kaki
Laju cepat atau lambatnya bola ditetapkan oleh seberapa kuat kaki anda sebelumnya menendang atau lakukan ancang-ancang.
Sisi kaki untuk menendang
Daerah segi dalam kaki semakin banyak dipakai pada permainan futsal. Karena tingkat keakuratannya cukup tinggi dalam lakukan passing atau umpan.

Simak:
Beberapa Program Latihan Fisik dalam Sepak Bola

Tehnik Menendang

Ada enam tehnik langkah menendang bola. Sebagian dari tehnik itu kerap kita kerjakan, tetapi sebagian yang lain diperlukan tehnik latihan sendiri. Ketujuh tehnik itu :
  1. Menendang dengan sisi dalam kaki
  2. Menendang dengan sisi luar kaki
  3. Menendang dengan punggung kaki (kura-kura)
  4. Menendang dengan punggung sisi dalam kaki
  5. Menendang dengan tumit
  6. Menendang dengan ujung jari kaki/sepatu
  7. Mengangkat bola dengan ujung jari kaki/sepatu

Menendang dengan kaki bagian dalam
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
Berikut alur gerak untuk menendang dengan kaki bagian dalam.
  1. Badan menghadap sasaran di belakang bola.
  2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran dan lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki tendang ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
  4. Setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan follow trow(gerakan lanjutan).

Menendang dengan kaki bagian luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
Berikut alur gerak untuk menendang dengan kaki bagian luar.
  1. Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap ke sasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap ke dalam.
  3. Kaki tendang ditarik ke belakang lalu diayunkan kedepan.
  4. Perkenaan bola tepat di punggung kaki bagian luar, dan tepat pada tengah-tengah bola.
  5. Gerakan lanjutan kaki tendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasara

Menendang dengan punggung kaki
Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.
Berikut alur gerak untuk menendang dengan punggung kaki
  1. Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, kaki sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan/sasaran.
  3. Kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
  4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola.
  5. Gerakan lanjut kaki tendang diarahkan dan diangkat kearah sasaran.

Mengontrol atau menghentikan bola (controlling and stopping)
Mengontrol bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan mengontrol bola adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper.

Berikut alur gerak mengontrol bola.
  1. Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
  2. Kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki penahan diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
  4. Bola menyentuh kaki persis di bagian dalam/mata kaki.
  5. Kaki penahan mengikuti arah bola.Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan punggung kaki, paha, dada, dan kepala sesuai situasi dan kondisi bola.

Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang secara terputus-putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekatkan jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Dribbling atau menggiring bola dalam sepak bola amatlah utama. Lantaran dribbling merupakan satu diantara tehnik basic dalam sepak bola. Saat anda tak mendapatkan rekan yang dapat diumpan, Anda mesti mendribbling atau menggiring bola itu.
Demikian juga saat mengumpan dapat menyebabkan offside, Anda mungkin saja mesti menggiring. Menggiring pada intinya dibedakan jadi dua : closed dribbling serta speed dribbling. Closed dribbling dikerjakan dengan kontrol penuh atas bola, dikerjakan saat bola tak betul-betul aman dari lawan kita.
Pada closed dribbling, bola tak bisa ada lebih dari 1 meter didepan kaki kita. Adapun speed dribbling cuma mempunyai satu arah : kecepatan.
Pada speed dribbling, kita menggiring bola dengan lari secepatnya. Dapat dilakukan dengan menendang bola kedepan lantas kita kejar sekuat-kuatnya. Tetapi prasyaratnya, kita betul-betul bebas dari desakan lawan.


Berikut alur gerak menggiring bola.

  1. Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
  2. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
  3. Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/didorong bergulir kedepan.
  4. Bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki agar bola dapat dikuasai.
  5. Pada waktu menggiring bola kedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
  6. Pada saat kaki menyentuh bola, pandangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah sepak bola dimulai sejak abad ke-2 - 3 SM di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil dan disebut dengan tsu chu. Permainan ini bertujuan untuk melatih fisik tentara dan saat kaisar ulang tahun. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Pada abad ke-2 SM, Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepak bola sebagai bagian dari ritual keagamaan. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini.

Pada abad pertama hingga kelima Masehi, Bangsa Romawi mulai menyebarkan permainan ini yang mereka sebut sebagai haspartum. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak Bola Pernah Dilarang
Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Sekitar tahun 217 M, Orang Inggris mulai memainkan sepakbola. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Barulah pada tahun 1369, Raja Edward III meneruskan permainan ini.
Richard Mulcaster mengadopsi calcio dari Florence ini untuk diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris. Akan tetapi pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I serius melarang sepakbola dan menyediakan penjara bagi rakyatnya yang memaksa bermain. Perkembangan sepakbola di Inggris berlanjut pada 1680, ketika Raja Charles II memberikan perlindungan kepada sepakbola.

Awal Bangkitnya Sepak Bola Modern
Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Sepakbola mulai dimainkan di universitas-universitas Amerika Serikat seperti Harvard, Princenton, Amherst sekitar tahun 1820-an. Sepakbola modern mulai tumbuh sekitar 1830-an. Olahraga ini dimainkan oleh para pekerja saat istirahat atau oleh anak-anak yang bermasalah di rumah atau sekolah.

Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer).Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
Sepak Bola Menjadi Olahraga dengan Peminat Terbanyak
Saat ini sepak bola telah menjadi olahraga dengan penggemar dan peminat paling banyak, setiap benua setidaknya memiliki sebuah induk sepak bola dan tentunya sangat banyak kompetisi-kompetisi sepak bola sekarang ini. Salah satu yang paling mengguncang dunia adalah piala dunia yang berlangsung empat kali setahun.

Dengan Anda mengetahui beberapa teknik, aturan serta sejarah permainan sepak bola lengkap, semoga bisa membantu dan selamat berlatih tetap sportif dalam berolahraga serta sukses selalu team sepak bola Indonesia.

4 komentar

  1. BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

    CemePoker merupakan peserta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan perutusan judi poker dengan rating win tertinggi.
    http://104.248.153.37/ menjamin 100% keamanan kaum membernya juga pemain Poker saya dipastikan 100% Player VS Player.
    jangan sampai cabar nantikan balasan merampas tiap-tiap bulannya dan kompensasi referal segenerasi pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo join sekarang di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  2. PROMO TIAP HARI BOS

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, kondisi badal Poker Online mengura-urakan pulsa yakni sepadan biang judi yang memajukan permainan poker online pada kala ini sudah sekali ringan degnan datangnya tontonan ini poker online sedimen lewat pulsa fasilitas bermutu berlagak disebuah permainan judi online yang cakap kita jumpai kala ini memang buah berusul semakin bertumbuhnya zaman dan teknologi saat ini didalam pertunjukan andalan online. Dengan cuma mengawamkan pulsa serupa kapital endapan permainan di bolazeus online, personel sudah menyabet aplusan yang lapang berlagu lalu memimpin permainan.

    Berpura-Pura menyiapkan pulsa didalam tontonan poker online tentunya sebenarnya hendak makin menyepelekan anakbuah kala kamu mengamalkan pergelaran tandon online. Berdasarkan adanya endapan melewati pulsa lalu anggota tentu sanggup atas simpel berisi bersikap beserta menjadi jawara didalam serupa pementasan poker. Pertunjukan poker online sedimen lewat pulsa tentunya akan merebut beberapa keuntungan bermain yang piawai berwujud pulsa hanya atau berupa uang sahih didalam sebuah pergelaran judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/cara-bergabung-bersama-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    http://134.209.98.69/tips-memilih-situs-judi-online-deposit-pulsa-di-indonesia/
    http://134.209.98.69/situs-taruhan-online-deposit-pulsa-terlengkap/


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  3. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

    Juga Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    https://zeus188.net

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  4. Hanya dengan 1 user ID anda sudah bisa bermain 9 jenis poker bersama kami.
    Mari join bersama kami di Donaco Poker

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus