Jumat, 23 Oktober 2015

Pengaturan Sistem Pertandingan Dalam Sepakbola

Sebuah team sepakbola terdiri dari sebelas pemain. Seorang pemain sebagai kiper dan sepuluh orang lainnya sebagai pemain lapang. pemain lapa... thumbnail 1 summary
Sebuah team sepakbola terdiri dari sebelas pemain. Seorang pemain sebagai kiper dan sepuluh orang lainnya sebagai pemain lapang. pemain lapang biasanya dibagi ke dalam pemain bertahan (pemain bertahan), pemain tengan, dan pemain depan. variasi penyebaran pemain menghasilkan formasi yang tangguh.pengaturan sistem pertandingan dalam sepak bola yaitu bertujuan untuk menentukan permainan apa yang akan dipakai untuk menghadapi permainan lawan. Diantaranya pormasi yang sering dipakai dalam permainan sepak bola adalah 4-4-2, 4-2-4 dan 3-5-2. Semua formasi ini bisa digunakan untuk bertahan atau menyerang tergantung situasi permainan yang diterapkan oleh lawan.
1. Formasi 4-4-2
 Keempat pemain belakang terdiri satu sweeper dan tiga pemain penjaga belakang . Dua pemain tengah mengisi masing-masing sayap. Dua pemain lainnya mengisi bagian tengah. kedua pemain ini mengisi sebagai pemain penyerang dan pemain bertahan.
Dalam sistem ini tidak ada pemain sayap yang sebenarnya. Pemain sayap tengah maju dan melakukan pelebaran serangan jika team menguasai bola. jika pemain sayap tengah gagal melakukan perpindahan darri menyerang menjadi bertahan, maka team melakukan perputaran pertahanan.
2. Formasi 4-3-3
Penekanan sistem ini terletak pada mobilitas pemain dan pertukaran posisi. Keempat pemain belakang terdiri dari satu sweeper bermain dibelakang dua pemain sayap belakang dan stoper back. Tugas stoper back adalah untuk mmenjaga striker sentral lawan. Sementara itu, pemain sayap belakang biasanya menjaga pemain sayap tengah lawan.
Kunci dari permainan ini adalah pemain tengah. syaratnya ia harus kreatif, menguasai keterampilan mengoper dan menggiring bola dengan baik, serta harus memiliki kemampuan mencetak gol.
3. Forrmasi 4-2-4
Sistem ini pertama kali diperagakan oleh team Berasil pada Word Cup 1958. Susunannya adalah sebagai berikut:
Empat pemain belakang terdiri dari 1 sweeper, 1 stoper back, 1 pemain sayap kanan dan 1 pemain sayap kiri. Dua pemain tengah atau penghubung  fungsinya adalah sebagai ancaman penghubung antara pemain belakang dan depan. pemain tengah harus mendukung pemain depan dalam penyerangan. Empat pemain depan terdiri dari dua pemain sayap dan dua pemain tengah depan atau striker. Salah satu pemain depan biasanya menempati posisi jauh di dalam lapangan lawan sebagai target mengepalai serangan.
Demikian artikel ini dibuat mudah-mudah bisa bermanfaat.....

Tidak ada komentar

Posting Komentar